Event

Serunya Belajar Soal Manage Screentime Anak di #BlibliFriendsMeetUp with 3DUPlay

Serunya Belajar Soal Manage Screentime Anak di #BlibliFriendsMeetUp with 3DUPlay

“Handphone Mama mana?”

Hmm, pertanyaan yang akrab di telinga ya? Berapa kali si kecil menanyakan hal itu pada Bunda setiap harinya? Berapa kali juga si kecil ngambek karena gadget diambil dari tangannya karena bunda ngerasa waktu bermainnya bersama gadget udah terlalu lama? Gimana sih caranya mengatur screentime si kecil?

Hal itulah yang dibahas tuntas di #BlibliFriendsMeetUp Manage Your Kids’ Screentime with 3DUPlay Minggu, 26 Maret 2017 lalu. Acara yang bertempat di Taman Main, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini mempertemukan ayah dan bunda dengan Binky Paramitha, Psikolog dari Rumah Dandelion. Jadi, menurut Binky, gadget dan teknologi adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan keluarga modern jaman sekarang. Anak-anak bisa kok, diperkenalkan dengan teknologi yang sebenarnya bisa memberi manfaat ini.

Anak sudah bisa diperkenalkan pada gadget saat usianya menginjak 18 bulan, lho. Penggunaannya juga bisa dilakukan secara bertahap, mulai dari pengenalan akan video call untuk berinteraksi bersama keluarga, membuka URL, hingga memainkan berbagai aplikasi. Semua proses ini pastinya harus didampingi oleh orangtua. Sebab, sesungguhnya, yang membuat anak senang adalah proses bermain bersama orangtua-nya.

“Sebenarnya anak itu sangat senang bermain dengan orang tua. Jadi meski tak main gadget dan main mainan lain meski bersama orang tua, anak akan senang, karena sebenarnya anak membutuhkan kehadiran orang tua,” ucap Binky. Selain itu, Binky pun berpesan agar jenis tontonan harus disesuaikan dengan usia anak. lalu jangan lupa agar selalu menerapkan aturan waktu penggunaan gadget-nya ya.

Oh iya, satu lagi Binky juga berpesan agar Bunda memerhatikan frekuensi paparan gadget pada anak. Artinya, tetap harus dibarengi dengan aktifitas fisik. Rasio antara gadget dengan aktifitas fisik harus 1:5.

Kenalkan: 3DUPlaymat, Karpet Pintar untuk Bermain dan Belajar

Nah, agar si kecil dan orangtua bisa bonding bersama, juga tetap melakukan aktifitas fisik, di acara #BlibliFriendsMeetUp Manage Your Kids’ Screentime, 3DUPlay mengeluarkan produk yang bisa dijadikan alat main dan belajar si kecil bernama 3DUPlaymat. 3DUPlaymat adalah karpet bergambar motif lucu yang terintegrasi dengan aplikasi 3DUPlay yang bisa diunduh di iOS maupun PlayStore. Jadi, Moms dan Dads bisa bermain sekaligus mengajari si kecil berbagai binatang lucu yang bisa ditemui di kebun binatang melalui gadget.

Selain mengenalkan berbagai jenis binatang, aplikasi ini juga interaktif karena si kecil bisa berinteraksi dengan hewan-hewan di dalam aplikasi dengan memberinya makan. Bahkan, karpet ini juga bisa dijadikan sebagai alat belajar mengeja karena ada fitur spelling-nya.