Si Mobil Mewah Pajero Sport

  • 2 min read
  • Aug 29, 2019
Pajero Sport

Sebenarnya varian baru Mobil Mitsubishi Pajero Sport ini telah hadir akhir tahun lalu. Namun kami baru sempat mengujinya saat ini. Kian canggihnya inovasi teknologi membuat mesin serupa bisa menghasilkan tenaga berbeda. Meskipun Harga Pajero ini terbilang lebih mahal dibandingkan mobil keluarga lainnya. Namun tenang dulu, Harga yang diberikan pun akan sebanding dengan kenyamanan anda saat berkendara.

Itu yang terjadi pada Mitsubishi Pajero Sport Dakar Hi-Power 4×4, begitulah nama lengkapnya. Jika model di bawahnya hanya memiliki tenaga 136 dk dan torsi 314 Nm, model termewah ini sanggup menghasilkan tenaga 178 dk dan torsi 350 Nm. Semua didapat dari unit diesel 2.477 cc 4-silinder. Teknologi common-rail Direct Injection Diesel (DI-D) berpadu dengan Variable Geometry Turbo (VGT) yang dilengkapi intercooler. Oh ya, ada satu lagi perbedaannya, Dakarnya sudah memakai transmisi otomatis 5-speed, alias menambah satu rasio gigi.

Ia hanya butuh waktu 11,53 detik untuk menuntaskan 0-100 km/jam. Jauh dari model dahulunya yang hanya 16,2 detik. Empasan torsi maksimal di putaran 1.800-3.500 rpm semakin tampak dari akselerasi 0-60 km/jam yang hanya 4,79 detik. Burn-out roda belakang bukan perkara sulit baginya. Akselerasi pertengahan di kisaran 60-100 km/jam juga terasa menyenangkan. Di sinilah keunggulan utama mesin diesel bertorsi besar. Meskipun bobotnya lebih dari 2 ton, mudah baginya melakukan overtaking 2 atau 3 mobil sekaligus.

Dakar juga akan memberikan Anda ruang untuk bermain dengan mode manual di transmisi yang dilengkap­i paddle shift di balik setir. Tenaga yang dapat terkuras maksimal dan Anda bisa merasakan dorongan kuat saat shift up. Apalagi res­pons perpindahan gigi­nya cukup cepat. Seru dan me­negangkan mengingat besarnya tubuh Dakar. Aplikasi 5 rasio gigi terlihat kegunaannya ketika cruising di tol. Putaran mesin yang dibutuhkan saat berlari konstan 100 km/jam hanya 2.000 rpm. Membuatnya bergerak te­nang dan nyaman. Meski begitu, ia adalah sebuah mobil penggerak 4 roda. Memang Dakar bisa memakai penggerak belakang saja. Tapi kerugian mekanis sudah terjadi di transfer case.

Makanya, konsumsi Shell Diesel Dakar hanya 11,5 km/liter untuk tol. Suka atau tidak, bobot menyumbang bertambahnya konsumsi BBM. Apalagi Dakar menggunakan ban yang cukup besar. Tak a­yal, ia cukup kesulitan saat start di kemacetan jalan. Konsumsi BBM 8,8 km/liter merupakan figur terbaik saat berada di dalam kota. Dakar dilengkapi sistem 4×4 bertajuk Super Select 4WD dengan 2 jenis perbandingan gigi differential. High dengan rasio 1:1,0 dan juga dengan Low rasio 1:1,9. Terdiri atas pilihan 2H, 4H, 4L, dan 4LLc. 4LLc memakai pengunci di differential dengan pembagian tenaga yang rata ke seluruh roda. Kombinasi tersebut membuatnya bisa menghadapi segala medan jalan.

Bicara pengendalian, kita harus menerima fakta bahwa potensi limbung mudah terdeteksi. Meski begitu, ia tetap fun saat diajak manuver cepat. Sinergi antara tubuh besar dan sasis tangga menciptakan kenyamanan pas. Membuai Anda yang berada di kursi tengah. Di luar, ia telah dilengkapi lampu depan HID. Model gril dengan gaya lubang sarang tawon membuatnya tampak lebih sporty. Di bumper, penggunaan foglamp menjadi pembeda dari model lebih murah. Di dalam, aplikasi jok kulit dengan rona atraktif menyegarkan pandangan. Audio dibekali Mitsubishi Power Sound Sistem de­ngan tambahan power berdaya maksimal 420 Watt.

Lalu Apakah Mitsubishi Pajero Sport Dakar Hi-Power 4×4 cukup mengagumkan bagi Anda?