Tips Agar Kegiatan Puasa Bersama Buah Hati Makin Menyenangkan

  • 2 min read
  • Apr 30, 2021
Tips Agar Kegiatan Puasa Bersama Buah Hati Makin Menyenangkan

Bulan Ramadhan dapat menjadi kesempatan terbaik bagi kita menjalankan ibadah lebih banyak karena pahala akan dilipat gandakan. Termasuk juga bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh pengampunan sehingga bisa menjadi kesempatan bertobat. Para orang tua bisa mengajarkan ibadah juga termasuk puasa ini kepada Si Kecil dan menghadirkan hiburan seperti gambar meme lucu puasa. Bagi anak-anak yang masih masa pertumbuhan, belum diwajibkan memang untuk berpuasa.

Tetapi kadang Si Kecil tersebut justru ingin berpuasa karena telah melihat keluarga lainnya sedang menjalankan puasa tersebut. Ketika Si Kecil ingin ikut puasa, orang tua maka sebaiknya mendukung serta mendampingi. Ada beberapa hal di bawah ini yang bisa dipersiapkan orang tua supaya momen berpuasa anak makin menyenangkan.

Menyiapkan Menu Makanan Minuman Untuk Buka Puasa

Kegiatan satu ini tentu menyenangkan berapa pun itu umur si anak. Ajaklah anak misalnhya memilih menu apa yang diinginkan untuk berbuka puasa. Bisa juga libatkan dalam proses memasak atau persiapannya meski tidak harus serius asakan menyenangkan dan bisa membuat si anak belajar. Hal ini dapat membuat buah hati semakin bersemangat menyelesaikan ibadah puasa. Bisa mengerti juga apa saja menu yang biasa dibuat untuk buka puasa.

Membuat Rutinitas Saat Bulan Ramadhan

Buatlah jadwal rutinitas bagi Anda dan anak dengan kegiatan yang seru dan menarik. Selama bulan suci Ramadhan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan anak. Baik itu setelah bangun atau setelah aktivitas seharian. Di samping itu, kegiatan yang bisa dilakukan contohnya membaca buku dengan bertema Islami. Sembari menunggu waktu untuk berbuka puasa, maka Anda bisa baca buku sembari bermain. Tentunya ada berbagai macam buku seru seperti buku aktivitas. Buku tersebut disusun dengan ragam aktivitas yang sudah disesuaikan 30 hari saat bulan Ramadhan. Ada beberapa aktivitas misalnya seperti berpuasa, tarawih, salat dan sebagainya. Ajarkan juga menulis berbagai huruf arab, serta doa yang sangat menyenangkan serta mengedukasi juga. Semua itu bisa dilakukan dengan bersama-sama. Jadi, kita dapat mudah memantau puasa anak lewat buku tersebut.

Memberi Hadiah Sederhana

Orang tua tentu boleh saja memberikan hadiah untuk Si Kecil. Dengan hal satu ini, maka bisa memotivasi diri si anak agar makin bersemangat menjalani puasa. Hadiah ini sendiri tidak selalu harus dalam bentuk fisik atau materi. Dapat juga sebuah pelukan, atau pun apresiasi. Agar semakin seru dan menyenangkan untuk anak, berikan makanan yang paling disukai si anak.

Bercerita Dengan Buah Hati

Penting untuk orang tua menjelaskan makna serta manfaat dari berpuasa Ramadhan untuk Si Kecil. Jadi pastikan menceritakannya dengan memakai bahasa yang gampang dipahami. Beberapa hal yang diceritakan juga bisa yang dekat dengan kegiatan sehari-hari. Dengan begitu, maka Si Kecil bisa tertarik mendengarkannya. Tambahkan juga lelucon baik itu dalam bentuk gerakan atau ucapan agar anak bisa bertambah moodnya.

Belajar Mengaji Bersama

Mengaji merupakan salah satu amalan yang sangat disarankan saat bulan Ramadan. Maka dari itu, ajaklah buah hati untuk belajar baca Al Qur’an dengan bersama-sama sebelum waktu berbuka. Ajarkan juga doa-doa yang sederhana yang biasanya digunakan sehari-hari. Dengan hal satu ini, maka bisa memberikan pemahaman lebih kuat kepada buah hati mengenai doa tersebut sehari-hari yang penting diucapkan umat Muslim. Itulah beberapa hal yang bisa menjadi kegiatan menyenangkan untuk dilakukan bersama sang buah hati. Semoga dapat bermanfaat.