Dampak Penyalahgunaan Narkoba yang Harus di Ketahui

  • TamanMain
  • Feb 25, 2022
Dampak Penyalahgunaan Narkoba yang Harus di Ketahui

Bagi sebagian orang mungkin sudah mengenal dan sudah tahu dengan narkoba yang sekarang ini sedang marak dibicarakan, narkoba merupakan obat terlarang yang sangat berbahaya jika di konsumsi secara berkelanjutan. Jika ada orang yang mengkonsumsi narkoba maka akan membuat mereka kehilangan Kesehatan tubuh, selain itu pengguna narkoba akan merasa kecanduan dan ketergantungan dengan obat terlarang tersebut karena memiliki zat adiktif di dalamnya. Pada awalnya narkoba merupakan obat-obatan yang di gunakan dan di butuhkan untuk kebutuhan medias agar bisa menenangkan, namun di ada banyak oknum yang tidak bertanggung jawab mengedarkan narkoba secara illegal dan jika dikonsumsi dalam jumlah dosis yang berlebihan maka akan menyebabkan kecanduan.

Mungkin bagi orang yang baru pertama memakai narkoba akan senang-senang saja karena belum terlalu banyak menimbulkan efek, namun hal tersebut akan menjadi alasan pengguna narkoba untuk terus mendapatkan ketenangan dengan cara mengkonsumsi narkoba. Meskipun sudah banyak orang yang mengetahui tentang dampak penyalahgunaan narkoba namun tetap saja masih banyak orang yang memakainya, narkoba merupakan zat baik yang bersifat alamiah, sintetis ataupun semi sintetis yang akan menimbulkan efek penurunan kesadaan, halusinasi bahkan daya rangsang. Obat tersebut akan membuat pengguna kecanduan dan susah untuk lepas dan tidak mengkonsumsinya, salah satu cara agar bisa terlepas hanya dengan melakukan rehabilitasi narkoba.

Narkoba memiliki berbagai jenis yang banyak digunakan dan semuanya memiliki efek yang berbeda-beda, banyak orang yang lebih memilih narkoba sebagai bentuk pelampiasan rasa Lelah ataupun ketika sedang merasa stress namun tanpa memikirkan dampak dari penyalahgunaan narkoba tersebut. Oleh karena itu di bawah ini ada beberapa dampak penyalahgunaan narkoba yang harus di ketahui.

Dampak Penyalahgunaan Narkoba Bagi Kesehatan

Halusinasi

Yang pertama jika orang yang memakai narkoba maka akan sering mengalami halusinasi, halusinasi merupakan salah satu efek yang sering di rasakan oleh pengguna narkoba seperti ganja. Jika pengguna narkoba memakai dengan jangka waktu yang cukup lama maka akan menyebabkan dampak lain timbul secara perlahan, dan jika tidak berlangsung di berhentikan dan melakukan rehabilitasi maka bisa depresi, gangguan mental dan kecemasan terus menerus.

Dehidrasi

Selanjutnya pengguna narkoba juga akan merasa haus yang lebih dan menyebabkan dehidrasi, penyalahgunaan zat tersebut akan menyebabkan keseimbangan elektolit berkurang dan akan membuat badan kekurangan cairan dalam tubuh. Jika mengkonsumsi narkoba dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan efek yang lebih parah seperti kejang-kejang, perilaku agresif, halusinasi dan sesak nafas pada bagian dada bahkan kemungkinan buruknya akan mengalami kerusakan pada otak

Tingkat Kesadaran yang Menurun

Mengkonsumsi narkoba akan berdampak pada tingkat kesadaran yang kalian miliki, pemakaian dosis obat terlarang secara berlebihan akan membuat tubuh terlalu rileks dan tentunya akan membuat pengguna narkoba mengalami hilang kesadaran dan berkurang dengan drastis. Jika terus di konsumsi dalam waktu yang cukup panjang akan menyebabkan dampak lain dan sangat mempengaruhi Kesehatan tubuh kalian. Pengguna akan merasakan perubahan perilaku bahkan bisa juga menyebabkan hilangnya ingatan jika terus mengalami kehilangan kesadaran

Mengganggu Kualitas Hidup

Jika mengkonsumsi narkoba akan membuat hidup kalian terganggu karena sering memakai narkoba kalian tidak akan bisa fokus dengan apa yang kalian lakukan jika tidak memakai narkoba, selain berdampak pada kondisi tubuh narkoba juga akan mengurangi kualitas hidup kalian seperti kurang konsentrasi dan tidak fokus saat bekerja, mengalami masalah ekonomi, bahkan bisa sampai berurusan dengan pihak kepolisian.