Tips Cara Belajar Efektif yang Perlu Kamu Ketahui

  • 2 min read
  • Jun 26, 2019
cara belajar efektif

Pendidikan merupakan suatu elemen yang penting dalam kehidupan. Dari pendidikan kita bisa belajar berbagai hal hingga bisa bermanfaat bagi banyak orang. Sayangnya, walaupun kita setiap hari belajar masih ada saja yang berasumsi bahwa belajar adalah hal uang tidak menyenangkan.

Padahal, anggapan ini akan membuat aktivitas belajar menjadi tidak menyenangkan dan kurang efektif. Nah, kalian sendiri sebagai pelajar sudah efektif belum belajarnya? Jika belum, ikuti tips cara belajar efektif berikut ini yuk:

  1. Cari Tempat Belajar yang Disukai

Memilih tempat belajar yang disukai tentu akan membuat kita senang dan merasa nyaman untuk belajar. Dengan memilih tempat yang nyaman, bisa membantu mengubah mood kita menjadi lebih baik sehingga belajar pun menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Jadi mulai sekarang tentukan tempat yang kamu suka ya.

  1. Berdiskusi atau Belajar Kelompok

Setiap orang memang memiliki style belajar sendiri. Ada orang yang menyukai belajar sendiri di tempat sepi, namun ada juga orang yang lebih menyukai belajar berkelompok dan beramai-ramai. Jika kamu masih belum mengetahui style belajar, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk berdiskusi dengan teman untuk bertukar pikiran dan materi pelajaran. Jika kamu merasa nyaman dan lebih mudah memahami materi, maka berdiskusi dengan teman bisa menjadi cara belajar efektif bukan?

  1. Lakukan Hal yang Disukai

Penting banget nih, setiap orang mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda. Misal, jika kamu merupakan penikmat musik dan merasa lebih mudah untuk fokus dengan diiringi musik, jangan ragu untuk belajar sambal mendengarkan musik. Hal ini biasanya efektif jika kamu sedang berlatih mengerjakan soal-soal pelajaran, bukan pada saat menghafalkan pelajaran.

  1. Bimbel Online di Ruangguru

Jika kamu bosan dengan metode belajar di sekolah yang duduk manis atau membaca buku di sekolah. Ini bisa menjadi alternatif belajar kamu yang lainnya. Di Ruangguru dalam fitur Ruangbelajar menyajikan video-video mata pelajaran yang di kemas secara menarik, agar kamu lebih paham dan dapat bersemangat lagi untuk belajar. Semua mata pelajaran pun lengkap tersedia di Ruangbelajar.

  1. Coba Terus Jika Gagal

Kegagalan merupakan bagian dari pembelajaran. Tidak ada belajar yang benar jika tanpa melalui kegagalan. Bahkan, kegagalan dianggap sebagai cara belajar efektif karena kita mengalami sendiri penyebab dari kegagalan dan mengingatnya sebagai pembelajaran untuk tidak lagi mengulangi hal tersebut.

Jika kamu mengalami kegagalan, cobalah kembali menggunakan cara kerja yang lain hingga kamu berhasil melakukan apa yang kamu inginkan. Inilah cara belajar efektif yang bisa membuahkan hasil dengan baik.

Gimana teman-teman, mudah bukan? Semoga tips cara belajar efektif di atas bisa membantu metode belajar kamu menjadi lebih menyenangkan dan lebih semangat lagi ya.