Variasi Pekerjaan untuk Lulusan Jurusan Agribisnis

  • 2 min read
  • Jun 20, 2019
Variasi Pekerjaan untuk Lulusan Jurusan Agribisnis

Jika Anda mendengar kata Agribisnis, apa yang muncul di benak Anda? Apakah Anda memikirkan orang-orang yang selalu berada di ladang? Kamu tidak tahu. Apakah Anda termasuk orang yang meragukan lulusan mana yang akan bekerja? Anda lebih baik menyingkirkan keraguan Anda, teman, karena di bidang ini Anda bisa mendapatkan banyak pekerjaan yang menjanjikan setelah lulus nanti.

Apa itu agribisnis? Sederhananya, agribisnis adalah bisnis baik di bidang pertanian maupun sosial ekonomi dengan konsep berkelanjutan. Jadi, kesempatan kerja ada di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan kehutanan dengan cara bisnis yang efektif dan efisien.

Sobat, sudah pasti Anda sudah tahu bahwa Indonesia adalah negara agraris yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Dengan bekerja di sektor ini, Anda akan memiliki penghasilan yang oke, teman! Lalu apa peluangnya? Ayo, pertimbangkan beberapa peluang kerja lulusan jurusan agribisnis di bandung yang telah berhasil kami kumpulkan.

Bisnis komoditas baru

Berbagai komoditas yang baru berlimpah di kawasanPapua, bisa menjadi peluang besar dan juga menjadi tantangan bagi Anda lulusan Agribisnis yang ingin mengembangkan komoditas khas di wilayah Papua. Salah satunya yang terkenal adalah buah merah Papua.

Buah merah di Papua sangat berlimpah. Ekstrak buah merah dapat digunakan di sektor agribisnis seperti jus buah merah, sabun dan parfum. Jika Anda dapat mengembangkan komoditas baru ini, peluangnya terbuka sangat besar.

Jenis komoditas ini juga cocok dikembangkan dengan agroindustri skala besar. Nah, itulah manfaat dari jaringan yang Anda bangun sejak Anda belajar di kampus UKM. Anda dapat menahan perusahaan dari hasil jaringan Anda untuk menjalankan bisnis ini. Siapa tahu, sobat, Anda bisa menjadi pengusaha sukses di bidang ini.

Pengusaha

Belajar di departemen Agri dilengkapi dengan ekonomi, seperti perencanaan bisnis dan kemampuan untuk menganalisis peluang bisnis. Jadi, setelah lulus nanti Anda bisa membangun startup atau bisnis startup. Jika Anda ingin sukses, Anda harus pintar membaca peluang dan masalah yang ada di komunitas, kemudian mencari solusi terbaik untuk masalah-masalah dengan bisnis yang Anda jalankan. Tentunya, usaha Anda akan dicari oleh banyak orang, bro!

Misalnya, startup yang fokus pada komoditas buah dan sayuran segar? Mereka terinspirasi untuk membuka bisnis karena peluang besar dan orang-orang yang melek teknologi yang merasa tertolong dengan tidak perlu repot datang ke supermarket atau pasar, cukup klik, pesan, pesan buah dan sayuran yang siap dikirim ke rumah Anda. Startup ini seperti revolusi belanja bulanan, ya, Anda tidak harus selalu pergi ke pasar dan membuatnya berair lagi. Semuanya tersedia di gadget Anda.

Jadi, jangan khawatir, teman, jika Anda telah lulus dari departemen ini, Anda harus memiliki banyak peluang untuk membuka bisnis Anda sendiri di bidang agribisnis. Selama Anda ingin fokus dan menjadi kreatif juga! Kreativitas dapat diasah dengan membaca banyak artikel yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Bekerja di sektor swasta

Lulusan agribisnis selain bekerja di sektor formal seperti lembaga pemerintah, juga bisa bekerja di perusahaan swasta lho. Perbedaannya adalah, biasanya di sektor swasta Anda akan bekerja dengan sistem kontrak yang bekerja lama ketika Anda diterima kemudian. Anda juga dapat bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis dan komoditas. Atau, jika Anda bermaksud untuk membuka bisnis Anda sendiri, Anda dapat menjadi pemasok komoditas di bidang ini.

Nah, teman, apakah Anda membayangkan peluang yang terbuka bagi Anda lulusan agribisnis? Penting bagi Anda untuk selalu berinovasi dan mencari peluang di bidang bisnis ini. Selain itu, jaringan yang luas dan kemampuan Anda untuk mengelola bisnis Anda dengan rajin akan menjadi modal yang sangat baik bagi lulusan di bidang ini. Semangat ya!.

Jurusan teknologi pangan di Bandung sudah tersedia di Ma’soem University dengan Alamat: Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor 45363 Jawa Barat. Telp : 022 7798340. Whatsapp : 08156033022.