Belanja online (Shopping Online) telah merevolusi cara kita membeli segala sesuatu mulai dari makanan dan buku hingga bola lampu dan kasur. Tetapi kenyamanan dan variasi belanja online juga mengharuskan kami untuk menaruh beberapa informasi pribadi kami secara online untuk menyelesaikan transaksi. Berikut adalah enam langkah yang dapat Anda ambil untuk pengalaman berbelanja online yang lebih aman.

  1. Berbelanja Di Situs Reputabel.

Meskipun semua perusahaan berpotensi rentan terhadap pelanggaran data online, tetap berpegang pada perusahaan e-commerce terkenal umumnya akan membuat pengalaman shopping online yang lebih aman. Namun, jika Anda memutuskan untuk membeli barang dari perusahaan yang tidak Anda kenal, berhati-hatilah.

Sebelum melakukan pembelian, riset perusahaan. Baca ulasan pelanggan, cari perusahaan secara online, dan periksa kebijakan privasi dan pengembalian perusahaan. Sebelum Anda membeli sesuatu, pastikan gembok kecil muncul di dekat URL atau bilah status, dan konfirmasikan bahwa URL dimulai dengan “https: //” daripada “http: //.” Petunjuk ini menunjukkan bahwa situs Anda belanja aktif dilindungi dengan enkripsi Secure Sockets Layer (SSL).

  1. Hati-Hati Tentang Email Dan Iklan Yang Tidak Dapat Dikunci.

Saat Anda melihat email yang memberi tahu Anda tentang penjualan kilat untuk merek pakaian favorit Anda, mungkin tergoda untuk mengklik tautannya dengan cepat. Tetapi spammer dan phisher dapat dengan mudah mengambil keuntungan dari keinginan Anda untuk mendapatkan skor yang bagus.

Dengan membuat situs penipuan yang terlihat seperti aslinya, penjahat cyber ini mencoba menipu Anda agar memberi mereka informasi pribadi Anda. Jika ragu, kunjungi langsung situs web pengecer sebelum memulai belanja Anda.

  1. Nonaktifkan AUTOFILL.

Bergantung pada seberapa banyak belanja online yang Anda lakukan, isi-otomatis peramban dan fungsi pelengkapan otomatis dapat menghemat banyak waktu. Tetapi penjahat dunia maya dapatĀ  mengeksploitasi kelemahanĀ  dalam pengisian otomatis untuk mendapatkan akses ke lebih banyak informasi daripada yang Anda ingin berikan.

Untuk melindungi privasi Anda, nonaktifkan isi-otomatis pada setiap browser yang Anda gunakan untuk belanja online. Untuk setiap transaksi yang Anda lakukan, luangkan waktu ekstra untuk mengetik secara manual detail seperti nama Anda, nomor kartu kredit, dan alamat pengiriman.

  1. Selalu Berbelanja Di Aman Wi-Fi.

Berbelanja di jaringan Wi-Fi publik atau tidak aman meninggalkan informasi pribadi Anda – nama pengguna, kata sandi, nomor kartu kredit – sangat rentan terhadap peretas. Idealnya, gunakan jaringan Wi-Fi tepercaya dan dilindungi kata sandi untuk melakukan semua pembelian online. Dan untuk perlindungan ekstra dari peretas, ubah kata sandi Wi-Fi Anda setiap beberapa bulan.

  1. Pertimbangkan Untuk Mendapatkan Kotak Kantor Pos.

Jika kotak surat Anda tidak memiliki kunci atau Anda tinggal di gedung dengan area surat bersama, pikirkan tentang menyewa kotak pos setempat. Pencuri dapat dengan cepat mengambil paket yang dibiarkan tanpa pengawasan, mendapatkan akses ke data pribadi apa pun yang dicetak pada pernyataan pesanan di dalam. Menggunakan alamat terpisah untuk pengiriman juga dapat melindungi alamat rumah Anda dari pengecer online.

  1. Instal Update Browser Secara Teratur.

Alat yang Anda gunakan untuk berbelanja online – komputer, sistem operasi, dan browser Anda – sangat penting untuk menjaga keamanan informasi pribadi Anda. Pastikan Anda secara teratur menginstal pembaruan keamanan dan tambalan untuk sistem operasi dan browser Anda. Walaupun Anda telah mengaktifkan pembaruan otomatis, tidak ada salahnya untuk memeriksa secara berkala bahwa Anda menjalankan versi terbaru, paling aman dari program perangkat lunak Anda.

Bahkan jika Anda pembelanja yang cerdas, selalu lebih baik untuk mengetahui kapan informasi online Anda dapat dikompromikan. Discover akan membantu Anda dengan memantau ribuan situs web berisiko dan memperingatkan Anda jika mereka menemukan nomor jaminan sosial Anda. Dan gratis untuk anggota kartu yang mendaftar. Itu tidak akan menyelesaikan masalah keamanan online Anda, tetapi ini adalah langkah pertama yang baik untuk membuat Anda tahu. Ketentuan berlaku. Pelajari lebih lanjut di Discover.