Cara Mendesain Rumah Minimalis Agar Terlihat Manis

  • 3 min read
  • Apr 13, 2021
Rumah Minimalis Bali

Rumah adalah tempat yang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia, karena termasuk kebutuhan pokok manusia yakini sandang, papan dan pangan. Saat ini banyak juga orang yang menginginkan rumah yang berukuran minimalis namun terlihat manis. Jangan khawatir sekarang sudah banyak juga tersedia model rumah dan penempatan ruangan yang bagus, misalnya rumah minimalis Bali rumah ini memiliki ukuran paling kecil type 36 namun memiliki tampilan yang sangat manis.

Banyak juga masyarakat perkotaan yang menerapkan desain rumah minimalis type 36, ini di karena kan sudah semakin sempitnya lahan yang tersedia, serta memang rumah minimalis bisa dimiliki walau dengan budget yang tidak besar juga. Namun meski masyarakat pedesaan yang masih memiliki lahan yang luas, tapi mereka juga tidak mau kalah untuk mengusung konsep seperti ini.

Memiliki rumah yang aman dan juga nyaman adalah salah satu tujuan dari setiap orang, banyak orang juga beranggapan bahwa rumah itu tidak perlu mewah, tapi yang terpenting kenyamanan dan juga keamanannya. Namun terkadang rumah minimalis dengan ukuran yang kecil sudah membuat orang juga sangat bahagia, salah satu model rumah yang memiliki konsep yang sama adalah rumah minimalis type 36.

Mengapa Memilih Desain Rumah Minimalis?

Setiap orang pasti memiliki alasan yang beragam, soal kenapa orang memilih rumah minimalis, namun ada diantaranya yang telah saya rangkum yaitu modelnya sangat modern, hemat dalam biaya, dan juga sangat memaksimalkan dalam memanfaatkan lahan. Namun faktor utama yang menjadi alasan utama banyak orang dalam memilih desain rumah minimalis adalah lahan yang terbatas, fleksibilitas rumah dan juga jumlah anggota keluarga yang sedikit.

Desain rumah minimalis dapat dimanfaatkan meski tanah yang ada tidak terlalu luas untuk membangun rumah minimalis. Meski desainnya minimalis kamu tidak perlu khawatir merasa tidak nyaman karena terlihat sumpek di dalamnya. Namun sebenarnya itu tidak lah benar, asalkan kamu bisa memilih jenis furnitur yang akan di beli untuk menghiasi rumah minimalis.

Kemudian dengan penataan interior serta dengan penataan ruangan dengan baik rumah minimalis justru akan lebih terlihat nyaman untuk penghuninya nanti. Desain rumah minimalis pastinya mengusung pada konsep rumah minimalis akan tetapi masih terlihat mewah dan elegan. Rumah minimalis type 36 memiliki ukuran yang tidak terlalu luas, namun dengan pemilihan furnitur yang benar dan tepat akan membuat rumah kamu terlihat luas, elegan dan juga mewah.

Oleh karena itu kamu harus tahu hal ini karena sangat penting sekali untuk kita melihat terlebih dahulu desain rumah yang akan kita tempati nantinya. Ini di karenakan rumah adalah sebuah kebutuhan pokok bagi setiap orang karena akan digunakan sebagai tempat tinggal (papan) serta sebagai tempat berlindung.

Sebagai tempat tinggal yang nyaman tentunya kamu harus mempunyai gambaran rumah yang akan kamu tempati, yakni bukan hanya nyaman tapi juga harus aman saat kita huni, bukan hanya itu pastinya kamu juga ingin memiliki rumah yang sesuai dengan keinginan kamu, berikut tips memilih desain rumah minimalis type 36.

Tips Memilih Desain Rumah Minimalis Type 36

Untuk membantu kamu dalam memilih desain rumah minimalis dan akan digunakan untuk membangun rumah yang sama. Untuk itu saya akan memberikan beberapa tips memilih desain rumah minimalis yang bisa di jadikan sebagai acuan atau pilihan:

  1. Berikan ruang terbuka pada halaman depan rumah serta pada halaman belakang rumah, hal ini bertujuan untuk memberikan ruang terbuka hijau untuk ditemani bunga maupun tumbuhan, sehingga rumah akan lebih terlihat elegan dan mewah, serta enak dipandang.
  2. Jika kamu memiliki kendaraan yang lumayan maka kamu bisa memfokuskan halaman depan sebagai garansi kendaraan kamu. Dan kamu hanya tinggal membenahi halaman belakang untuk dijadikan sebagai halaman terbuka hijau.
  3. Jangan lupa jika kamu masih memiliki halaman di samping kiri dan kanan, alangkah baiknya kamu juga memberikan kesan yang nyaman, kamu bisa menggunakan lahan di kanan dan kiri sebagai tempat menaruh tanaman hias dan lain sebagainya.
  4. Agar rumah makin terlihat mewah, bangunlah carport yang sejajar dengan ruang tamu, hal ini bertjuan agar mendapatkan ruang kosong di begian belakang serta agar ruang kamar terlihat lebih luas.
  5. Memiliki rumah dengan banyak lantai juga akan membuat kamu merasa nyaman, karena akan semakin luas mata memandang. Untuk itu kamu bisa membangun lantai dua untuk dimanfaatkan sebagai halaman kecil agar memberikan nuansa hijau, sehingga bukan hanya ruang dasar yang difokuskan sebagai ruang utama.
  6. Jika lahan yang kamu miliki adalah memiliki ukuran yang memanjang ke belakang, kamu bisa membuat kamar-kamar yang sejajar ke belakang, hal ini dapat memudahkan kamu untuk menuju pintu belakang tanpa harus belak-belok.
  7. Posisikan toilet diantara kamar tidur utama dan juga kamar anak, hal ini untuk menghemat lahan yang ada.
  8. Sebelum kamu memutuskan membangun rumah, kamu harus mengetahui luas lahan yang ada, jika memang tidak terlalu besar kamu bisa menggunakan desain rumah minimalis type 36.

Hunian yang nyaman serta terlihat elegan pastinya akan menjadi idaman semua orang, kamu bisa melihat hunian yang sedang trend saat ini seperti rumah minimalis Bali, mungkin itu saja beberapa tips yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf, semoga tips tersebut bisa diterapkan ketika kamu ingin memilih desain rumah minimalis.