Slip Gaji Karyawan: Komponen, Kegunaan, dan Contoh yang Harus Diketahui

  • 2 min read
  • Mar 26, 2021
Slip Gaji Karyawan

Setiap karyawan baik karyawan tetap maupun part-time harus mendapatkan slip gaji yang merupakan rincian dari hasil yang telah dikerjakan. Perusahaan memiliki kewajiban untuk membuat slip gaji yang rinci serta mudah untuk dipahami agar tidak mengecewakan karyawannya. Slip gaji sendiri dapat diartikan sebagai daftar rincian pendapatan dan macam-macam potongan yang harus dibayar. Baik karyawan maupun perusahaan sama-sama memerlukan slip gaji, sebagai rekapan keuangan. Bagi karyawan, slip gaji berguna untuk mengontrol pendapatan yang diterima. Oleh karena itu, sebaiknya slip gaji memuat berbagai informasi yang relevan. Berikut beberapa komponen penting yang wajib ada dalam slip gaji karyawan.

  • Identitas Perusahaan, Identitas perusahaan seperti nama dari perusahaan yang bertujuan untuk menyatakan dan memastikan perusahaan yang mengeluarkan slip gaji tersebut. Hal ini penting sebagai bentuk identitas dan pertanggungjawaban jika nantinya diperlukan.
  • Rincian Gaji, Fungsi utama dari slip gaji adalah membuat karyawan mengetahui rincian gaji mereka peroleh setiap bulannya. Rincian gaji diantaranya meliputi gaji pokok, berbagai macam tunjangan, serta pendapatan lembur atau overtime. Contoh tunjangan yang kerap diberikan kepada karyawan adalah tunjangan hari raya, uang makan, serta tunjangan transportasi. Perusahaan dapat juga memberikan bonus apabila karyawan mampu mencapai atau bahkan melampaui target yang sudah ditentukan oleh perusahaan.
  • Gaji Bersih, Gaji bersih atau penghasilan neto merupakan total pendapatan yang dikurangi aneka macam potongan sesuai kebijakan perusahaan. Penghasilan bersih inilah yang sepenuhnya diterima oleh karyawan.
  • Besar Potongan, Pemaparan besar potongan gaji merupakan komponen penting untuk dicantumkan pada slip gaji. Potongan yang dimaksud dapat berupa berbagai macam iuran, BPJS Kesehatan, serta pemotongan pajak karyawan. Intinya, segala macam komponen yang berdampak pada pengurangan gaji harus dicantumkan secara rinci. Dengan besar potongan yang dipaparkan secara jelas, karyawan bisa betul-betul paham komponen-komponen apa saja yang berpengaruh pada total gajinya. Besar potongan ini kemudian perlu juga dijumlahkan sehingga dapat dilihat total potongan gaji dalam satu bulan.
  • Pengesahan Pihak Berwenang, Pada slip gaji perlu menyertakan nama serta jabatan pihak yang bertanggung jawab atas pembayaran gaji. Pemberian nama serta jabatan pihak berwenang merupakan bukti yang mengesahkan bahwa slip gaji tersebut memang dikeluarkan oleh perusahaan terkait.

Slip gaji juga memilki beberapa kegunaan, di antaranya:

  • Untuk mengetahui rincian gaji, kegunaan yang utama tentunya untuk mengetahui rincian komponen dari nominal gaji yang diterima pada setiap karyawan. Komponen gaji tersebut berbeda-beda, tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan.
  • Untuk cicilan kendaraan, memiliki kendaraan pribadi tentunya impian setiap pekerja, dewasa ini kita bisa mendapatkan kendaraan dengan menggunakan layanan kredit. sebuah perusahaan kredit kendaraan biasanya membutuhkan slip gaji sebagai salah persyaratannya.
  • Untuk cicilan rumah, harga rumah yang terus melambung tinggi, tentunya bisa mempertimbangkan untuk membeli rumah dengan bantuan KPR atau kredit pemilikan rumah. Slip gaji menjadi salah satu “senjata” yang bisa kamu gunakan dalam memenuhi syarat pengajuan KPR dari bank.
  • Untuk kredit tanpa anggunan, slip gaji memiliki kegunaan sebagai syarat pengambilan kredit tanpa agunan atau jaminan. Kredit ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti pendidikan, pernikahan, kesehatan, renovasi rumah, serta kebutuhan keluarga lainnya.
  • Untuk kredit peralatan elektronik, slip gaji memiliki kegunaan untuk bisa membeli gadget dengan kredit cicilan. Selain gadget, alat elektronik lain yang biasanya dibeli dengan cicilan adalah peralatan rumah tangga, seperti kulkas, televisi, AC, dan mesin cuci.

Berikut contoh slip gaji karyawan yang biasa digunakan.

Slip Gaji Karyawan

(Sumber : https://www.finansialku.com/contoh-slip-gaji/)