Pilihan Produk Dana untuk Pensiun yang Wajib Anda Tahu

  • 2 min read
  • Nov 26, 2020
Pilihan Produk Dana untuk Pensiun

Pilihan produk dana untuk pensiun memang penting untuk diketahui setiap orang. Setiap manusia pasti akan terus bertumbuh hingga akhirnya tiba masa untuk pensiun. Di masa tua penting sekali untuk memiliki dana pensiun agar tetap merasa tenang. Anda dapat mempersiapkan dana pensiun mulai dari sekarang.

Meskipun tidak bekerja sebagai seorang pegawai negeri, Anda tetap bisa memiliki dana pensiun. Di masa tua, Anda akan merasa lebih tenang apabila memiliki dana pensiun. Simpanan pensiun sangat penting karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan.

Usia yang semakin tua sangat rentan mengalami penyakit atau masalah-masalah kesehatan. Apabila tidak ada simpanan dana untuk pensiun, tentu nantinya Anda bisa mengalami kesulitan saat membutuhkan biaya pengobatan. Kini Anda tidak perlu merasa khawatir apabila ingin mempersiapkan dana pensiun untuk masa depan karena sudah ada beberapa pilihan produk dana pensiun.

Beberapa Pilihan Produk Dana untuk Pensiun yang Bisa Dipilih

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar memiliki tabungan pensiun yang cukup. Caranya adalah dengan memilih produk yang tepat dan konsisten untuk menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk masa depan. Ini dia beberapa pilihan produk dana untuk pensiun:

1. Memilih Lembaga Keuangan

 Bagi para pengusaha atau bahkan freelancer memang penting untuk memiliki dana pensiun. Pilihan pertama yang sangat menarik untuk tabungan masa tua Anda adalah menabung di lembaga keuangan.

Anda dapat memilih bank umum atau bisa juga memilih asuransi jiwa. Saat ini semakin banyak lembaga keuangan yang menawarkan tabungan pensiun dengan banyak kemudahan.

Pilihlah lembaga keuangan yang menawarkan kemudahan serta banyak keunggulan, sehingga nantinya Anda bisa mendapatkan dana pensiun seperti ketika Anda melakukan investasi. Salah satu asuransi jiwa yang bisa Anda pilih karena menawarkan program menarik yaitu berupa program berjangka adalah PFI Mega life.

2. Tabungan Pensiun Berupa Emas

Apabila Anda ingin memiliki tabungan yang tidak mudah terkena dampak inflasi maka bisa memilih emas. Tabungan emas sangatlah menarik karena semakin lama harganya semakin naik atau cenderung stabil nilainya.

Menabung emas juga lebih aman karena tidak memiliki resiko kerugian seperti jika anda menabung saham. Pilihan tempat menabung emas yang paling tepat adalah di emas Antam atau emas Pegadaian.

3. Tabungan Pensiun Berupa Deposito

Pilihan selanjutnya yang juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menabung dana pensiun adalah dengan menabung di deposito. Tabungan pensiun berupa deposito memiliki resiko yang rendah karena nilai pokok dari deposito Anda akan tetap stabil meskipun suku bunga mengalami fluktuasi.

Bunga yang didapatkan dari menabung deposito tidak terlalu besar. Namun hal ini sebanding dengan resikonya yang sangat rendah. Anda akan merasa tenang apabila memiliki tabungan deposito apabila nantinya ada keperluan mendadak.

4. Memilih Tabungan Berjangka

Produk dana untuk pensiun berikutnya yaitu tabungan berjangka. Tabungan ini juga bisa menjadi pilihan karena antda bisa menyimpan uang dengan jangka waktu tertentu. Terdapat aturan yang jelas mengenai berapa jumlah uang yang harus ditabung setiap bulannya selama beberapa waktu yang telah ditentukan. Bunga yang didapatkan jika menabung pada jenis tabungan berjangka juga lebih besar meskipun tidak sebesar bunga deposito.

Dengan memiliki tabungan untuk masa tua, Anda akan merasa lebih tenang dan tidak terlalu pusing Apabila membutuhkan uang sewaktu-waktu. Pastikan Anda mempersiapkan dana pensiun dengan serius dan konsisten.

Pilihan produk dana untuk pensiun yang telah disebutkan di atas semuanya menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah salah satu yang paling menarik dan menguntungkan. Dengan begitu Anda akan lebih cermat dalam mengelola keuangan dimulai dari sekarang.