Ini Dia Keunggulan Bayi yang Lahir Caesar

  • 2 min read
  • Aug 05, 2021
kelebihan bayi lahir caesar

Setiap orang tua pastinya juga menginginkan persalinan si Kecil dapat berjalan dengan lancar dan melahirkan si Kecil yang sehat dan baik. Persalinan bisa bisa terjadi secara normal melalui jalan lahir ataupun juga bisa melalui operasi Caesar. Dan Setiap metode persalinan juga memiliki kelebihan dan risikonya masing-masing, pada metode terbaik yang dipilih akan disesuaikan dengan kondisi Mama dan juga Si Kecil. Operasi Caesar juga merupakan suatu metode persalinan yang dilakukan dengan pembedahan pada perut dan juga rahim ibu.

Walaupun saat ini operasi Caesar yang tergolong sering dilakukan, namun tetap akan memiliki risiko komplikasi jangka pendek ataupun panjangnya sendiri, ada salah satunya yakni adalah terhadap daya tahan tubuh si Kecil. Kamu bisa pelajari selengkapnya di artikel ini supaya Mama tidak merasa khawatir lagi.

Tahukan kamu, bahwa Si Kecil yang lahir melalui operasi Caesar juga dapat kehilangan kesempatan untuk mendapatkan bakteri baik yang biasanya diterima oleh si Kecil jika melalui jalan lahir ibunya. Metode kelahiran Caesar ini juga menyebabkan gangguan keseimbangan kolonisasi bakteri di saluran pencernaan si Kecil. Sementara, bakteri pencernaan yang baik misalnya seperti Bifidobacteria akan berperan penting pada perkembangan sistem daya tahan tubuh si Kecil sampai kedepannya nanti.

Gangguan kolonisasi bakteri inilah yang akan dapat menyebabkan si Kecil yang lahir melalui operasi Caesar bisa memiliki sistem imun yang lebih sensitif. Akan tetapi, Mama tidak perlu khawatir, walaupun si Kecil yang lahir Caesar yakni memiliki risiko menjadi lebih sensitif, namun sistem daya tahan tubuh si Kecil dapat dioptimalkan yakni dengan cara mengembalikan keseimbangan kolonisasi bakteri dalam saluran cernanya.

Pada awal mula nya kehidupan si Kecil, maka ASI merupakan nutrisi yang paling penting dan juga tidak dapat tergantikan bagi si Kecil untuk dapat membentuk sistem imun yang baik sehingga tumbuh kembangnya akan menjadi optimal. Dengan pemberian ASI akan disarankan secara eksklusif selama 6 bulan dan juga dapat dilanjutkan secara optimal sampai dengan 2 tahun ataupun lebih untuk meningkatkan kesehatan si Kecil juga. Nah, itu dia tadi beberapa kelebihan bayi lahir caesar.