Cara Mencegah Kulit Kering Pada Bayi

  • 2 min read
  • Mar 25, 2021
Cara Mencegah Kulit Kering Pada Bayi

Bukan hanya orang dewasa saja yang mengalami kulit kering, tapi pada bayi juga bisa terkena gejala kulit kering. Hal ini di sebabkan karena kulit bayi lebih tipis atau bisa di katakana kulit sensitif sehingga lebih mudah kehilangan air jadi akan lebih rentan menjadi kering. Udara dingin dan panas ruangan juga dapat menyebabkan hilangnya kelembaban alami pada kulit bayi.

Jika kondisi kulit bayi kamu kering dan terkadang disertai dengan ruam atau bercak berwarna putih pada kulit bayi. hal ini biasanya di sebabkan oleh pancaran sinar matahari yang panas dan langsung mengenai kulit. Bukan hanya itu, ada juga penyebab lain seperti AC, bahan-bahan kosmetik, serta kandungan klorin di kolam renang dapat juga membuat kulit bayi mudah kering.

Pasti ibu di rumah sering menyentuh kulit bayi yang sudah pasti masih sangat lembut dan kenyal, tapi sebagai orang tua yang baru mungkin belum paham jika ada beberapa bayi dengan kulit yang sensitif. Akibatnya mereka akan sering mengalami masalah pada kulit seperti kulit kering, kemerahan, bintik-bintik merah, serta ruam popok.

Kita sebagai orang tua yang bijak, harus memahami kondisi dari kulit sensitif anak kita sendiri, sehingga bisa mencari solusi perawatan yang tepat. Berikut ini beberapa cara mengatasi kulit kering pada bayi yang bisa di lakukan oleh para ibu di rumah yang memiliki keadaan kulit bayi yang seperti ini.

1. Jangan Memandikan Bayi Terlalu Lama

Memandikan bayi dengan durasi waktu yang cukup lama, bisa berakibat pada kulit bayi yang kering. Ini di karena kan secara tidak langsung menghilangkan minyak alami kulit bersama dengan kotoran. Akan tetapi selama ibu dapat mengambil beberapa tindakan pencegahan, bahkan madi setiap hari juga tidak jadi masalah. Saran saya untuk durasi memandikan buah hati cukup hanya 5-10 menit saja, serta menggunakan air hangat yang tidak terlalu panas serta sabun secukupnya.

2. Jangan Sampai Garam dan Klorin Kering di Bagian Kulit Bayi

Air garam dan klorin dapat mengakibatkan kulit bayi menjadi kering. Jika ibu membawa si kecil berenang di kolam renang atau laut, pastikan jangan sampai air garam dari laut atau klorin dari kolam renang mengering di kulitnya. Yaitu bisa dengan cara membilas si kecil dengan air bersih, setelah itu bisa langsung gunakan pelembab agar lebih nyaman.

3. Pakai Humidifier

Memang hal ini tidak bisa kita duga, namun kita bisa selalu menyiapkannya dengan cara memakai Humidifier. Pemakaian ini bisa di lakukan jika keadaan udara di rumah kering. Humidifier merupakan alat yang memiliki fungsi untuk melembamkan udara di suatu ruangan. Alat tersebut akan mengeluarkan uap air serta dapat meningkatkan kadar kelembaban pada suatu ruangan. Pemakaian alat ini juga dapat mengatasi iritasi pada kulit yang di sebabkan oleh udara kering.

4. Lindungi Si Kecil dari Elemen Lain

Pastikan bayi memakai sweter yang tebal, sarung tangan serta sarung kaki di kala cuaca atau iklim sedang dingin. Hal ini bertujuan agar tangan dan kakinya tidak kering dan pecah-pecah. Cara ini juga bisa di lekukan pada iklim atau cuaca panas karena untuk melindungi si kecil dari paparan sinar matahari secara langsung.

Tidak ada masalah yang tanpa solusi, meski ibu di rumah bingung untuk memilih produk mandi untuk bayi. tapi sekarang sudah ada Ms Glow Kids yang telah memberikan produk mandi untuk bayi dengan bahan-bahan yang alami. Produk ini juga bisa di beli lewat website Ms Glow Kids langsung di www.mskids.co.id atau juga bisa langsung cek di Instagram-nya di @msglowkids. Semoga dengan pemakaian produk mandi dari Ms Glow Kids akan bisa membentuk mengatasi masalah kulit kering pada kulit sensitif bayi, atau bahkan pada kulit bayi yang alergi juga bisa digunakan.