Tips Memilih Pipa Air Berdasarkan Jenis Saluran Air Di Rumah

  • 1 min read
  • May 16, 2020
Saluran Air dan Jenis Pipa yang Cocok

Pipa air adalah piranti yang diguanakn untuk menyalurkan air dari satu tempat ke tempat lain. Dalam memilih pipa air untuk digunakan pada saluran air sendiri tentu saja kita tidak boleh asal sembarangan dalam memilih. Kita harus bisa memilih jenis pipa air yang pas dan cocok untuk saluran air di rumah kita tersebut.

Pemilihan jenis pipa yang salah untuk saluran air tentu saja bisa menjadi suatu masalah yang tidak bisa disepelekan. Untuk itu anda harus mengetahui jenis-jenis saluran air dan juga pipa air yang cocok untuk saluran air tersebut. Berikut dibawah ini adalah beberapa jenis saluran air beserta pipa air yang cocok.

Saluran Air dan Jenis Pipa yang Cocok

1. Saluran Air Bersih

Yang pertama adalah saluran air bersih. Saluran ini dipakai untuk menyalurkan air bersih yang ada di rumah kita. Saluran air bersih ini contohnya adalah saluran pipa air dari tandom yang akan dialirkan menuju keran air atau toren, dialirkan menuju shower kamar mandi dan masih banyak lagi. Karena saluran air ini adalah saluran air bersih maka sebaiknya anda gunakan saja pipa PVC dengan tipe AW dan ukuran 1/2 inchi.

2. Saluran Air Buangan

Selanjutnya ada saluran air untuk buangan. Maksudnya disini adalah saluran air yang digunakan untuk membuang air buangan seperti air bekas kita mandi, air bekas kita menuci baju dan mencuci piring. Tentu saja air tersebut akan kita buang kan? Untuk jenis saluran ini paling baik menggunakan jenis pipa air tipe D dengan ukuran 2 inchi.

3. Saluran Air Kotor

Yang terakhir adalah untuk saluran air kotor. Apa bedanya saluran air buangan dengan saluran air kotor? bedanya adalah jika saluran air buangan tadi mengangkut air-air bekas kita mandi, mencuci piring dan baju. Sedangkan untuk saluran air kotor ini adalah untuk saluran pembuangan dari kloset. Untuk itu sebaiknya anda menggunakan pipa air dengan tipe D atau AW dengan ukuran D inchi.