Wortel atau sayuran orange merupakan sayuran dengan kandungan banyak vitamin. Biotin merupakan vitamin B untuk protein dan lemak dalam metabolisme tubuh. Terdapat vitamin K1 untuk pembekuan darah hingga kesehatan tulang dan vitamin B6 dalam mengubah makanan yang masuk dalam tubuh untuk diubah menjadi energi serta kalium yang menjadi mineral untuk kekuatan otot.

Berikut adalah manfaat sayuran warna orange diantaranya:

  • Dapat meningkatkan metabolisme sehingga akan membantu energi dan menjaga vitamin B dalam tubuh yang dapat memecah glukosa, protein dan lemak menjadi energi secara baik dalam tubuh.
  • Dapat menyembuhkan luka dengan kandungan retinoal dari vitamin A sehingga akan mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit dan juga dimanfaatkan sebagai masker.
  • Dapat menjaga kesehatan jantung dengan kandungan hidrat arang, beta karoten, kalsium dan fosfor dan memberikan perlindungan pada kanker, menurunkan tekanan darah hingga dapat memperlambat terjadinya efek penuaan.
  • Memberikan manfaat untuk melawan radikal bebas yang merusak tubuh bagian dalam.
  • Mampu menurunkan resiko kolesterol tinggi dengan mengonsumsi 6 wortel setiap minggunya dan seratnya akan menghambat lemak dalam darah.

Selain itu, menurunkan resiko kanker payudara dan dua kali menurunkan resiko kanker sebanyak 17 persen. Dapat menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsinya dengan sup sayur ditambah dengan ketumbat sehingga tubuh tidak akan mudah mengalami infeksi pada tubuh. Menjaga kesehatan otak dengan mencukupi sayuran umbi akar, membantu daya ingat dan juga kemampuan berpikir seseorang. Kandungan mineral pada sayuran akan membantu peradangan dibandingkan mengonsumsi obat-obatan antiradang. Baik untuk kesehatan mulut sehingga akan mencegah terjadinya gigi berlubang dan membantu produksi air liur untuk membersihkan bagian gigi.

Sayuran ini dapat mengatasi kulit berminyak dengan cara mendalam karena sayuran dapat mengontrol minyak sehingga akan mengurangi jerawat yang timbul. Dapat membuat kulit lebih bersinar dikarenakan vitamin C yang berlimpah dengan penggunaan rutin akan memberikan glowing. Sayuran ini juga dapat mengatasi kulit dari rasa terbakar sinar matahari dengan cara menggunakan masker sayur yang menyebabkan kulit lebih lembut dan sehat. Kulit akan dijauhkan dari flek hitam dengan menggunakan jus wortel tambahan olive oil diaplikasikan pada bagian wajah sehingga akan membantu wajah lebih segar. Digunakan juga sebagai pereda stres pada kulit karena kotoran dan debu yang membentuk pasta lalu menambahkan air mawar dan menyemprotkannya pada kulit sehingga wajah tidak terlihat lelah.

Berikut adalah jenis sayuran orange diantaranya:

  • Imperator, jenis yang memiliki sayuran runcing dan kerucut, memiliki panjang hingga 30 cm dan memiliki rasa manis, namun kulitnya mudah dikupas dan memiliki daging tanpa biji.
  • Chantenay, sayuran dengan bentuk umbi lebat yang memiliki panjang 12 cm, memiliki kulit yang halus dan cerah, tekstur renyah dan segar ketika mentah dan membuatnya lembut ketika dimasak dan mempertahankan rasa manisnya, memiliki jenis red chantenay dan royal chantenay.
  • Nantes, sayuran yang memiliki bentuk sedang dengan panjang 20 cm, memiliki warna orange, renyah dan berair pada bagian inti, memiliki rasa manis dan dikonsumsi tanpa harus mengupas kulit luarnya.

Ada juga jenis wortel danvers uang memiliki panjang hingga 18 cm, memiliki waktu hingga 85 hari untuk dipanen dari benih. Dari bentuk lebih berisi dan panjang, memiliki rasa yang kaya, manis dan beraroma wangi sehingga menjadi tumbuhan yang banyak ditanam. Terdapat juga jenis mini bal dengan bentuk lobak lingkaran kecil dengan variasi yang tersedia dengan rasa manis dan cocok ditanam untuk rumah.