Casein Definisi, Properti, Pembuatan & Pemakaian Britannica

  • TamanMain
  • Sep 25, 2021

Kasein, protein utama dalam susu serta bahan berarti keju. Dalam wujud murni, itu merupakan padatan putih amorf, tidak berasa serta tidak berbau, sebaliknya tipe komersialnya bercorak kekuningan dengan bau yang mengasyikkan. Susu sapi memiliki dekat 3 persen kasein.

Properti

Kasein murni merupakan padatan putih amorf tanpa rasa ataupun bau. Kasein komersial bercorak sedikit kuning, dengan bau yang mengasyikkan. Kasein kering senantiasa baik bila dilindungi dari serangga serta hewan pengerat; kasein basah dengan kilat diserbu oleh jamur serta kuman serta menciptakan bau yang tidak mengasyikkan. Berat jenisnya merupakan 1,25 sampai 1, 31. Kasein merupakan kombinasi fosfoprotein dengan berat molekul berbeda .

Kasein merupakan koloid liofilik yang mirip dengan albumin serta gelatin. Ini merupakan isoelektrik pada pH 4, 6 di mana kelarutannya dalam air cuma 0, 01 persen. Ini amfoter: di dasar pH 4, 6 kasein membentuk garam yang lumayan larut semacam kasein klorida; di atas pH 4, 6 casein membentuk garam dengan basa.

Natrium kaseinat serta garam alkali yang lain larut tanpa batasan, sebaliknya kalsium kaseinat, garam alkali tanah yang lain, serta garam logam berat nyaris tidak larut. Kaseinat gampang membentuk gel kala dikoagulasi secara lama – lama dari larutan pekat. Formaldehida membentuk senyawa yang tidak larut dengan casein. Kasein tidak larut dalam sebagian besar pelarut organik. Paracasein kurang liofilik namun kebalikannya identik dengan kasein .

Pembuatan

Kasein umumnya terbuat dari susu skim (tidak sering dari susu mentega), dengan salah satu dari 3 tata cara: (1) casein yang diasamkan secara natural kala lumayan banyak asam laktat yang tercipta dari fermentasi gula susu oleh kuman Streptococcus lactisi yang senantiasa terdapat; (2) asam kasein diendapkan dengan meningkatkan asam klorida encer ataupun asam sulfat; (3) buat kasein rennet, susu skim hangat disetel dengan ekstrak rennet hingga kalsium parakaseinat menggumpal, sehabis itu bekuan dipotong kecil – kecil buat membolehkan whey mengalir.

Dalam ketiga tata cara, whey diambil, dadih dicuci dengan air, dikeringkan ataupun ditekan, dikeringkan di hawa hangat, digiling, serta dikemas buat dijual. Kasein Rennet menahan banyak kalsium fosfat dari susu.

Menggunakan

Kasein digunakan dalam santapan siap saji, dalam obat – obatan dan suplemen santapan, serta dalam kosmetik. Aplikasi industri kecil tercantum bumbu serta pembalut kulit, pembersih serta pemoles buat sepatu, pencetakan serta sizing tekstil, semprotan insektisida, pembuatan sabun, serta banyak khasiat di mana casein berperan selaku koloid pelindung, zat pengemulsi, ataupun pengikat. Aplikasi utama kasein merupakan pelapis kertas, lem, cat, plastik, serta serat buatan.

Pelapis Kertas

Novel serta kertas seni dilapisi dengan kasein berpigmen buat membagikan permukaan yang cocok buat ilustrasi separuh nada. Larutan alkali lagi dari casein asam ataupun asam natural dicampur dengan bubur air dari melamin. Formaldehida ataupun kapur bisa ditambahkan buat ketahanan yang lebih baik terhadap air. Kombinasi disebarkan di atas kertas dalam mesin pelapis serta dikeringkan.

Lem

Sambungan kayu yang terbuat dengan lem kasein tahan lembab buat sebagian waktu. Lem kasein olahan merupakan bubuk yang terdiri dari kasein asam ataupun asam natural, kapur, garam natrium yang cocok, serta fungisida. Bubuk dilarutkan dalam air sesaat saat sebelum lem digunakan, dimana garam natrium mengendapkan sebagian kapur, membebaskan natrium hidroksida, serta melarutkan kasein selaku natrium kaseinat; setelah itu sisa kapur lambat – laun mengganti natrium kaseinat jadi kalsium kaseinat tidak larut.

Cat

Cat ataupun distemper kasein membagikan riasan yang lumayan gampang dicuci serta tidak berkilau buat bilik bidang dalamnya ataupun buat pendamping bata bidang luar. Cat bubuk kasein, buat dicampur dengan air, mirip dengan lem kasein dalam komposisi kecuali buat akumulasi melamin lebih lanjut. Cat pasta casein, buat diencerkan dengan air, terbuat dengan membuat melamin larutan basa lemah kasein. Kasein pula digunakan selaku bahan pengemulsi pada cat emulsi, ialah cat minyak yang bisa diencerkan dengan air.

Plastik

Plastik kasein yang dibangun menyamai tanduk, gading, kayu gelap, serta marmer. Khasiat utamanya merupakan buat kancing baju. Kasein Rennet digranulasi, dibasahi dengan air, serta diremas secara merata. Perona ataupun melamin bisa ditambahkan. Butiran meresap air serta melunak. Bahan tersebut setelah itu dilewatkan lewat penekan silinder yang dipanaskan dengan sekrup berbalik dari mana plastik lunak diekstrusi di dasar tekanan dalam batang ataupun tabung. Plastik lunak setelah itu bisa dicetak dalam wujud yang di idamkan. Plastik yang sudah dibangun dikeraskan dengan metode direndam lama dalam larutan formaldehida setelah itu dikeringkan secara lama – lama.

Serat Buatan Manusia

Serat tekstil semacam wol terbuat dari kasein dengan mengekstrusi larutan alkali kasein lewat pemintal dari tipe yang digunakan dalam pembuatan rayon serta setelah itu mengeraskan serat dalam penangas asam yang memiliki formaldehida. Awal kali dipasarkan pada tahun 1930 – an dengan nama Lanital di Italia serta Aralac di Amerika Serikat, serat casein buatan manusia mulai digunakan sepanjang Perang Dunia II sebab kekurangan wol. Terdapat atensi baru pada serat kasein di abad ke – 21 sebab produsen berupaya mencari alternatif yang berkepanjangan buat serat sintetis berbasis minyak bumi semacam nilon.

Casein dapat Anda Order di:

Harga KisaranBeli Sekarang di:
Rp. 313.500Shopee
Rp. 390.000Tokopedia
Rp. 680.000Lazada
Rp. 950.000Blibli

Related Post :