Kesehatan merupakan aspek penting dalam hidup yang harus menjadi prioritas utama agar semua aktifitas dan agenda yang Anda rencanakan dapat berjalan lancar. Umumnya para pria identik dengan sikap cuek dan kurang peka terhadap sakit yang dialami, seperti jika terjadi keluhan pada organ reproduksi maupun urusan seksual justru bingung harus menentukan tindakan yang tepat. Padahal sebenarnya, ada dokter spesialis Andrologi yang dapat Anda kunjungi, baik sekedar berkonsultasi maupun jika akan melakukan penyembuhan terkait gejala kelainan yang timbul pada organ reproduksi maupun kehidupan seksual Anda bersama pasangan.

Andrologi adalah salah satu cabang ilmu kedokteran spesialis yang fokus mempelajari mengenai struktur dan semua fungsi pada organ reproduksi pria. Dokter yang satu ini ahli dalam bidang menangani gangguan kesehatan yang menimpa organ kelamin pria, penyakit pada organ reproduksi pria maupun semua keluhan yang menyangkut urusan seksual. Sehingga jika Anda merasakan gejala gangguan pada organ reproduksi, maka sebaiknya segera kunjungi dokter spesialis tersebut tanpa menunda agar dapat segera mengambil tindakan yang tepat.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seorang pria mengalami gangguan kesehatan tertentu baik pada organ kelamin maupun reproduksi. Oleh sebab itu, agar dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit tersebut, Anda sangat disarankan menjalani pola hidup sehat dan teratur. Umumnya beberapa jenis penyakit yang paling sering terjadi dan harus mendapatkan penanganan dari dokter spesialis tersebut adalah seperti di bawah ini, antara lain:

  • Hipogonadisme.

Ini merupakan kondisi dimana organ testis pria hanya mampu memproduksi hormon seksual dalam jumlah yang rendah, sehingga dampak paling umum yang terjadi adalah penurunan libido atau hasrat untuk berhubungan intim, ada banyak penyebab jenis penyakit yang satu ini, seperti radiasi, infeksi akut, gangguan pada ginjal atau hati maupun komplikasi pacsa melakukan tindakan operasi tertentu.

  • Infertilitas pada pria.

Para pasangan yang sulit mendapatkan keturunan biasanya sangat rentan disebabkan oleh penyakit ini. Jumlah sperma yang sedikit, pergerakan sperma lambat maupun terdapat kelainan pada bentuk sperma dianggap sebagai pemicu paling kuat terjadinya infertilitas pada pria. Umumnya untuk melakukan penanganan lebih lanjut, dokter spesialis akan melakukan penelitian untuk mengetahui penyebab pasti penyakit tersebut.

  • Gangguan seksual pada pria.

Gangguan seksual yang paling umum terjadi pada pria adalah ejakulasi dini. Jenis gangguan tersebut tidak memandang umur tua maupun muda yang biasanya akan ditandai dengan ejakulasi pada saat sebelum penetrasi maupun tidak berselang lama setelah penetrasi selesai.

Selain beberapa jenis gangguan di atas, gangguan lain yang cukup sering terjadi adalah seperti impotensi maupun disfungsi ereksi pada pria. Kondisi tersebut ditandai dengan pria tidak bisa mendapatkan atau mempertahankan ereksi pada saat berhubungan seksual. Pada beberapa kasus, para pria yang kehilangan libido atau minat untuk berhubungan seksual juga menjadi salah satu keluhan yang cukup banyak terjadi. Penyebab semua gangguan tersebut sangat beragam mulai dari akibat kecemasan yang berlebihan, stress, depresi maupun masalah psikologi.

Untuk mengantisipasi agar semua jenis gangguan di atas tidak menimpa Anda, maka tidak ada salahnya jika Anda mulai mengkonsumsi makanan yang dapat membantu tingkat kesuburan maupun kejantanan sedini mungkin secara teratur, seperti tiram, memperbanyak buah dan sayur serta kacang-kacangan yang terbukti ampuh menjaga kesehatan organ reproduksi dan meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, lakukan konsultasi atau segera kunjungi dokter spesialis Andrologi jika Anda merasakan kelainan pada organ reproduksi maupun gangguan seksual tertentu agar segera mendapat penanganan yang tepat.