Jaga Ginjal dengan Pola Hidup Sehat

  • 2 min read
  • May 29, 2021
Jaga Ginjal dengan Pola Hidup Sehat

Penyakit ginjal dapat menyerang siapa saja, terlebih lagi bila kamu memiliki pola hidup yang tidak teratur dengan baik. Tahukah kamu bahwa ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki fungsi krusial dalam tubuh manusia yaitu berperan penting dalam menyaring dan membuang limbah seperti racun, garam berlebih, dan urea yang ada dalam tubuh [1].

Selain itu, ginjal juga mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh. Mereka juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah. Ginjal juga bertanggung jawab untuk mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot [2].

Karena fungsinya yang sangat penting, penting untuk kamu selalu menjaga kesehatan ginjal untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berikut ini ada beberapa langkah pola hidup sehat yang bisa kamu mulai terapkan untuk menjaga kesehatan ginjal:

  • Hal pertama berikut sering sekali diabaikan dan diremehkan yaitu minum air mineral. Padahal minum air mineral memiliki banyak manfaat untuk ginjal kamu loh! Cobalah mulai sekarang untuk minum air mineral dalam jumlah yang cukup, setidaknya 8-10 gelas per hari. Kemudian sebisa mungkin batasi konsumsi alkohol dan minuman bersoda [3].
  • Berhenti merokok! kandungan dalam rokok memang terbukti dapat merusak tubuh, termasuk fungsi ginjal. Zat beracun dari rokok yang masuk ke dalam tubuh bisa menghambat aliran darah. Akibatnya, jantung perlu bekerja lebih keras agar darah terpompa dan bisa meningkatkan risiko hipertensi yang menjadi penyebab sakit ginjal [3].
  • Tidur dengan cukup. Buat kamu yang suka begadang, yuk mulai kurangi kebiasaan buruk itu. Mencukupi istirahat dengan tidur 6-8 jam sehari diperlukan agar tubuh dan organ didalamnya termasuk ginjal tetap sehat [3].
  • Jaga agar berat badan tetap ideal. Salah satunya dengan olahraga atau melakukan aktivitas fisik dengan rutin [3].
  • Hindari mengkonsumsi obat-obatan di luar dari anjuran dan pengawasan dokter, terlebih bila obat tersebut dikonsumsi dalam dosis besar atau dalam jangka panjang. Karena kandungan keras dalam obat tersebut nantinya akan merusak ginjal kamu [3].
  • Pola makan yang seimbang akan memastikan kamu mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Perbanyak makan buah dan sayuran, dan biji-bijian seperti pasta gandum, roti dan nasi. Hindari makan terlalu banyak makanan asin atau berlemak [2].

Sesuai dengan yang sudah dijelaskan diatas, salah satu cara menjaga kesehatan ginjal bisa hanya dengan minum air mineral. Akan tetapi jangan lupa untuk lebih teliti dalam memilih merk air mineral yang akan kamu minum. Karena, jika asal dalam memilih air mineral, nantinya kamu bisa terkena penyakit lain seperti gangguan pencernaan. Hal itu disebabkan karena ketidakjelasan akan kebersihan air mineral yang kamu minum.

Jika kamu masih ragu dalam memilih air mineral yang baik untuk dikonsumsi, pilihlah VIT sebagai air mineral yang berkualitas. Karena, VIT sudah 48 tahun hadir di Indonesia dan telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). SebagaiĀ air mineral yang bagus, VIT telah melalui proses filtrasi dan pengemasan menggunakan teknologi serta pengawasan mutu yang ketat, memastikan air yang kamu minum sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan. Memenuhi kebutuhan hidrasi, selain dapat merawat kesehatan ginjal kamu, juga akan membantu proses pencernaan berjalan lebih baik pastinya [4].

Source:

  1. https://www.sehatq.com/artikel/cara-menjaga-kesehatan-ginjal-yang-mudah-dilakukan
  2. https://www.halodoc.com/artikel/cari-tahu-cara-menjaga-kesehatan-ginjal
  3. https://www.alodokter.com/cara-mencegah-penyakit-ginjal-dengan-langkah-sederhana
  4. https://www.minumvit.co.id/vitproduct/