Ini Dia 3 Barang yang Berpotensi Besar Menularkan Virus Corona

  • 2 min read
  • Apr 14, 2020
Virus Corona

Dengan tingginya angka kematian yang disebabkan oleh Covid 19, maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya banyak masyarakat yang semakin paranoid nantinya akan terserang penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Corona tersebut. Apalagi pada dasarnya ini bukanlah jenis penyakit yang dapat Anda remehkan. Bahkan saat ini sudah tercatat lebih dari 1 juta warna dunia positif terjangkit Covid 19, tidak menutup kemungkinan jumlahnya akan senantiasa mengalami peningkatan semakin tinggi.

Itulah mengapa dihimbau bagi siapa saja untuk menerapkan social distancing. Yaitu menjaga jarak dengan orang lain. Dengan cara menghindari berada dalam kerumunan atau berkelompok sebisa mungkin. Ini adalah upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit dari orang yang membawanya, mengingat tidak sedikit diantaranya masyarakat yang sebenarnya terjangkit oleh Covid 19 tersebut, namun tidak merasakan gejala apapun. Dikarenakan memang kondisi sistem imuns atau kekebalan tubuh mereka cukup kuat untuk melawannya.

Hanya saja memang tidak dapat dipungkiri, meskipun sudah menerapkan kebiasaan seperti social distancing dengan hanya berada di dalam kamar. Sebenarnya tetap ada kemungkinan nantinya Anda juga tertular. Apalagi tidak ada yang dapat melihat secara jelas keberadaan dari virus. Bisa jadi sebenarnya virus Corona ini menempel pada barang-barang atau benda yang ada di dalam rumah Anda, sampai nantinya ikut masuk kedalam tubuh. Wajib diwaspadai ternyata sangat mungkin Covid 19 bisa menular melalui beberapa benda berikut ini, yaitu:

  1. Paket barang yang Anda beli secara online, sejak era modern dan juga kehadiran dari ojek online dan sejenisnya. Memang tidak dapat dipungkiri jika sebenarnya masyarakat dimudahkan untuk melakukan berbagai macam hal dengan mengandalkan perangkat teknologi. Termasuk dalam urusan berbelanja, membeli apapun dapat dilakukan secara online, termasuk makanan dan sejenisnya. Anda tidak akan tahu jika seandainya pembawa atau pekerja online ini yang sebenarnya ikut membawa virus tersebut pada barang yang Anda terima tersebut, sehingga virus masuk ka dalam rumah.
  2. Uang cash, uang menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang, karena dengan adanya uang ini maka nantinya dapat digunakan sebagai alat untuk membeli beragam jenis kebutuhan. Meskipun sekarang sudah muncul yang namanya emoney atau uang versi elektrik, namun tidak mengurangi transaksi masyarakat dengan menggunakan uang cash. Mengingat jauh lebih praktis. Hanya saja karena dijadikan sebagai alat tukar menukar, maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya uang ini termasuk salah satu hal yang membawa virus, karena ia berpindah dari satu tangan ke tangan yang lainnya.
  3. Masker, jangan salah karena ternyata masker yang Anda gunakan sebagai sarana pengaman ini adalah benda yang berpotensi untuk membawa virus. Misalnya salah satu anggota keluarga yang baru keluar memakai masker, kemudian tidak segera melepas dan mencuci masker kain mereka sebagaimana yang dianjurkan. Tentunya sangat berpotensi untuk membuat virus yang hidup di bagian permukaannya tersebut menular kepada anggota keluarga yang lainnya bukan.

Untuk itulah maka biasakan gaya hidup bersih, dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun sebelum dan setelah melakukan sesuatu. Pastikan hal ini diterapkan oleh seluruh anggota keluarga yang ada di rumah. Tidak kalah penting adalah dengan mengurangi aktivitas di luar rumah yang tidak terlalu perlu. Jika mulai merasakan gejala infeksi virus Corona sebaiknya juga segera periksakan ke dokter. Konsultasi sekarang ini lebih mudah dapat dilakukan secara online di aplikasi Halodoc.