Saat ini, memang sangat banyak yang menawarkan behel maupun kawat gigi sangat murah sehingga banyak yang memakainya untuk merapikan gigi tanpa tahu apakah kawat gigi tersebut berisiko atau tidak, Padahal, salah dalam memilih kawat gigi apalagi tanpa rekomendasi dari dokter ahli, tentu akan sangat berisiko terutama untuk kesehatan tubuh pemasang behel.

Di samping itu, memasang kawat gigi dengan harga yang begitu murah, bisa menimbulkan beberapa risiko berikut ini, di antaranya adalah:

  1. Kesehatan tubuh terganggu. Kesehatan tubuh tentu menjadi faktor paling penting yang harus dijaga dengan baik oleh semua orang karena tubuh yang sehat pasti akan terhindar dari berbagai penyakit, entah itu berbahaya maupun tidak. Namun, jika kamu melakukan kesalahan seperti salah memilih begel gigi, misalnya, tentu bisa berisiko terhadap kesehatanmu. Bisa dipastikan, kesehatanmu menjadi terganggu akibat salah memilih behel gigi yang salah tersebut. Bukannya malah merapikan gigi, behel tersebut malah bisa membawa petaka untukmu karena itu selalu berhati-hatilah memilih behel untuk gigimu.
  2. Radang pada gusi. Selain itu, penggunaan behel gigi yang salah bisa menyebabkan radang pada bagian gusi. Hal ini bisa ditandai dengan keluarganya darah ketika menggosok gigi padahal tidak menyikatnya dengan keras. Kalau begini, tentu bisa membahayakan dirimu sendiri, bukan? Untuk itu, jangan pernah memakai behel tanpa rekomendasi dari dokter yang kompeten di bidangnya.
  3. Email gigi menjadi rusak. Tidak terkecuali, jika kamu memakai behel yang bukan dari ahlinya maka bisa merusak email gigi karena penggunaan bracket yang tidak sesuai dengan standar. Apalagi, behel tersebut kamu gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, kebayang bagaimana kerusakan yang dihadapi? Karena itu, kamu dianjurkan untuk selalu menggunakan behel gigi yang sesuai dengan saran dari dokter ahli bukan tukang gigi abal-abal.
  4. Gigi lebih mudah ngilu. Parahnya lagi, malah membuat gigi menjadi sangat ngilu dan sakit ketika kamu mengunyah makanan yang levelnya masih setengah keras. Tentu, kondisi seperti ini sangat merugikanmu sekaligus ujung-ujungnya kamu malah mengeluarkan uang kembali untuk pemeriksaan gigi tersebut.

So, jangan pernah memakai kawat gigi abal-abal karena akan memberikan efek dan resiko risiko di atas, ya. Atau, jika kamu memang ingin merapikan gigi, maka cobalah produk clear aligner dari Rata, The First Indonesian Clear Aligner. Produk ini menggunakan cetakan gigi transparan yang prosesnya menggunakan teknologi terbaru untuk merapikan gigi yang berantakan. Cobain, deh!