Penyakit HIV/AIDS merupakan salah satu penyakit berbahaya dan sangat menakutkan bagi manusia. Penyakit ini disebabkan oleh tubuh yang telah terinfeksi oleh virus human immunodeficiency virus yang nantinya akan berkembang menjadi penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu tubuh akan menjadi lebih rentan untuk terkena berbagai macam virus, bakteri serta infeksi yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Tubuh manusia yang sudah terkena virus penyakit ini memang sudah tidak bisa sembuh sepenuhnya dan penyakit tersebut akan terus bersarang di dalam tubuh manusia. Virus atau penyakit ini memang tidak menunjukkan gejala yang cukup jelas apabila telah menyerang tubuh seseorang. Meskipun ada memang gejalanya masih sangat samar dan susah untuk dikenali. Meskipun virus tersebut memang tidak terlihat dan masih sangat samar, namun Anda perlu ingat bahwa ada kemungkinan bahwa Anda masih tetap bisa menularkan penyakit tersebut kepada orang lain.

Orang pasti tidak akan pernah tahu apabila dirinya mengidap HIV/AIDS apabila tidak melakukan pemeriksaan kesehatan dengan dokter. Hal ini dikarenakan virus yang ada di dalam penyakit tersebut tidaj merusak organ penderita melainkan menyerang sistem kekebalan tubuh. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari HIV/AIDS:

  1. Lakukan tes kesehatan HIV sehingga Anda bisa tahu apakah diri Anda terjangkit virus penyakit tersebut atau tidak. Dengan melakukan tes kesehatan akan mempermudah Anda untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda. Biasanya tes kesehatan untuk penyakit ini dilakukan dengan mengambil sampel darah.
  2. Hindari seks bebas dan gunakan pengaman bila perlu.
  3. Hindari obat-obatan terlarang termasuk juga hindari alkohol. Rutin olahraga dan mengatur pola makan. Cukup istirahat serta berhenti merokok.
  4. Lakukan cuci tangan dengan bersih dan menggunakan sabun setelah Anda melakukan kontak langsung dengan hewan.
  5. Hindari makan makanan seperti daging mentah, telur mentah sampai dengan susu yang tidak dipasteurisasi.

Apabila Anda sudah terjangkit virus HIV/AIDS maka sebisa mungkin untuk bisa menjaga kesehatan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Anda dapat melakukan tindakan pencegahan dengan menggunakan kondom saat sedang berhubungan seks dengan pasangan seperti vagina, oral ataupun anal. Selain itu Anda juga bisa untuk tidak berbagi jarum suntik yang pernah Anda gunakan dengan orang lain atau berbagai peralatan obat yang lain. Apabila Anda sudah terjangkit virus penyakit tersebut lakukanlah konsultasi dengan dokter yang memiliki pengalaman untuk melakukan pengobatan penyakit tersebut.

Ada banyak kemungkinan seseorang bisa terkena virus HIV/AIDS. Salah satu kemungkinan terbesar adalah dengan melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pasangan dan selalu berganti-ganti pasangan. Hal ini merupakan faktor terbesar seseorang bisa terkena virus HIV/AIDS. Selain itu bisa juga disebabkan apabila seorang ibu yang sudah terjangkit virus tersebut dan mengalami kehamilan, besar kemungkinan anak yang ada di dalam kandungan saat lahir juga akan terinfeksi oleh virus HIV/AIDS.

Bahayanya penyakit HIV/AIDS yang bisa mengancam nyawa seseorang mengharuskan Anda mulai sekarang untuk lebih memperhatikan kesehatan. Tidak hanya dari seks bebas saja bisa terjangkit penyakit tersebut, namun ada berbagai macam kemungkinan yang menyebabkan Anda atau seseorang bisa terjangkit virus tersebut salah satunya adalah dari gaya hidup. Virus ini memang sangat mudah menular. Jadi alangkah lebih baik, lakukan tes HIV/AIDS secara rutin untuk mengetahui kesehatan tubuh Anda serta orang-orang di sekeliling Anda.